This is an outdated version published on 2023-07-31. Read the most recent version.

PENGARUH KEBIASAAN BERPIKIR, BUDAYA SEKOLAH DAN PENGGUNAAN TIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KOMPUTASIONAL SISWA

Authors

  • Linda Pertiwi Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka
  • Elin Driana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka
  • Rahman A Gani Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh pengaruh kebiasaan berpikir, budaya sekolah, dan penggunaan TIK terhadap kemampuan berpikir komputasional siswa. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan analisis jalur dengan pengumpulan data melalui tes dan kuesioner. Tes dan kuesioener dilakukan kepada siswa kelas X SMA Negeri 16 dan SMA Negeri 78 Jakarta dimana kelasnya ditentukan secara acak, dan sampel setiap kelas diambil secara bertingkat dengan jumlah sampel sebanyak 150. Analisis data menggunakan analisis jalur dengan struktural equation modeling (SEM) yang di analisis dengan AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi kebiasaan berpikir akan menghasilkan kemampuan berpikir komputasional yang tinggi. Budaya belajar di sekolah yang selalu menuntut siswa untuk menyelesaikan masalah melalui tahapan-tahapan problem solving dapat menumbuhkan kemampuan berpikir komputasional siswa. Penggunaan TIK dalam praktek pembelajaran akan menumbuhkan kebiasaan berpikir. Kebiasaan berpikir merupakan cerminan dari perilaku intelektual. Semakin siswa memiliki kebiasaan berpikir yang tinggi, maka perilaku intelektual siswa akan meningkat.Perbedaan budaya belajar yang terjadi merupakan faktor yang menentukan keinginan untuk menggunakan perangkat TIK. Budaya belajar di sekolah yang selalu menuntut siswa untuk menyelesaikan masalah melalui tahapan-tahapan problem solving dapat menumbuhkan kemampuan berpikir komputasional siswa.

References

Aho, A. V. (2012). Computation and computational thinking. Computer Journal, 55(7), 833–835. https://doi.org/10.1093/comjnl/bxs074

Bebras. (2017). Tantangan Bebras Indonesia 2017: Bahan Belajar Computational Thinking. NOB Bebras Indonesia.

Bebras. (2021). Nadiem Usung Computational Thinking Jadi Kurikulum, Apa Itu? Bebras Indonesia. http://bebras.iainsalatiga.ac.id/web/nadiem-usung-computational-thinking-jadi-kurikulum-apa-itu/

Bull, G., Garofalo, J., & Hguyen, N. R. (2020). Thinking about computational thinking: Origins of computational thinking in educational computing. Journal of Digital Learning in Teacher Education, 36(1), 6–18. https://doi.org/10.1080/21532974.2019.1694381

Costa, A., & Kallick, B. (2008). Learning and Leading with Habits of Mind: 16 Essential Characteristics for Success. ASCD.

Czerkawski, B. C., & Lyman, E. W. (2015). Exploring Issues About Computational Thinking in Higher Education. TechTrends, 59(2), 57–65. https://doi.org/10.1007/s11528-015-0840-3

Denning, P. J. (2017). Remaining trouble spots with computational thinking. Communications of the ACM, 60(6), 33–39. https://doi.org/10.1145/2998438

Durak, H. Y., & Saritepeci, M. (2018). Analysis of the relation between computational thinking skills and various variables with the structural equation model. Computers and Education, 116, 191–202. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2017.09.004

Ghozali, I. (2020). Model Persamaan Struktural dengan Program AMOS 24 (7th ed.). Undip.

Gong, D., Yang, H. H., & Cai, J. (2020). Exploring the key influencing factors on college students’ computational thinking skills through flipped-classroom instruction. International Journal of Educational Technology in Higher Education, 17(1). https://doi.org/10.1186/s41239-020-00196-0

Grover, S., & Pea, R. (2013). Computational Thinking in K-12: A Review of the State of the Field. Educational Researcher, 42(1), 38–43. https://doi.org/10.3102/0013189X12463051

Hair, J. F., Anderson, R. E., Tatham, Ro. L., & J, G. B. (2014). Multivariate Data Analysis. (7th ed.). Person.

Harangus, K., & Kátai, Z. (2020). Computational thinking in secondary and higher education. Procedia Manufacturing, 46(2019), 615–622. https://doi.org/10.1016/j.promfg.2020.03.088

Haseski, H. I., Ilic, U., & Tugtekin, U. (2018). Defining a New 21st Century Skill-Computational Thinking: Concepts and Trends. International Education Studies, 11(4), 29. https://doi.org/10.5539/ies.v11n4p29

Kim, H. S., Kim, S., Na, W., & Lee, W. J. (2021). Extending Computational Thinking into Information and Communication Technology Literacy Measurement. ACM Transactions on Computing Education, 21(1). https://doi.org/10.1145/3427596

Pei, C. (Yu), Weintrop, D., & Wilensky, U. (2018). Cultivating Computational Thinking Practices and Mathematical Habits of Mind in Lattice Land. Mathematical Thinking and Learning, 20(1), 75–89. https://doi.org/10.1080/10986065.2018.1403543

Shafer, L. (2018). What Makes a Good School Culture? Harvard Graduate School of Education.

Wing, J. M. (2006). Computational Thinking. COMMUNICATIONS OF THE ACM, 49(3), 33–35.

Zha, S., Morrow, D. A. L., Curtis, J., & Mitchell, S. (2020). Learning Culture and Computational Thinking in a Spanish Course: A Development Model. Journal of Educational Computing Research, 59(5), 1–26. https://doi.org/10.1177/0735633120978530

Downloads

Published

2023-07-31 — Updated on 2023-07-31

Versions